
Pada bagian ini admin akan bagikan bukti fisik keempat komponen utama akreditasi MAN 1 Kota Dumai terbaru.
A. Bukti Fisik Akreditasi MAN 1 Kota Dumai Komponen Mutu Lulusan
- Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi.
- Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di Madrasah
- Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di Madrasah
- Siswa terbebas dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah.
- Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21
- Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21
- Siswa menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad ke-21.
- Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21.
- Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.
- Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar.
- Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah.
B. Bukti Fisik Akreditasi MAN 1 Kota Dumai Komponen Proses Pembelajaran
- Proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan
- Penilaian proses dan hasil belajar digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan dilaksanakan secara sistemis
- Program remedial dan/atau pengayaan diberikan kepada siswa yang memerlukan
- Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan suasana pembelajaran di kelas menyenangkan
- Guru melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis
- Guru menciptakan suasana belajar yang memperhatikan keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk belajar
- Sarana dan prasarana yang tersedia di Madrasah dimanfaatkan dengan optimal dalam proses pembelajaran
C. Bukti Fisik Akreditasi MAN 1 Kota Dumai Komponen Mutu Guru
- Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya
- Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala
- Guru melakukan PKB untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan
- Guru mengembangkan strategi, model, metode, teknik dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif
D. Bukti Fisik Akreditasi MAN 1 Kota Dumai Komponen Manajemen MAN 1 Kota Dumai
- Madrasah mengembangkan, menyosialisasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi visi, misi, dan tujuan Madrasah
- Kepala Madrasah menunjukkan kompetensi supervisi akademik untuk membantu guru mewujud-kan pembelajaran yang bermutu
- Kepala Madrasah secara konsisten, partisipatif, kolaboratif, transformatif, dan efektif memimpin guru, tenaga kependidikan, dan siswa untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam usaha pengem-bangan kegiatan/program Madrasah untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan
- Madrasah membangun komunikasi dan interaksi antara warga Madrasah (siswa, guru, Kamad, tenaga kependidikan), orang tua, dan masyarakat untuk mewujudkan keharmonisan internal dan eksternal Madrasah
- Madrasah melakukan pembiasaan; aman, tertib, bersih, indah, dan nyaman untuk menciptakan lingkungan Madrasah yang kondusif
- Madrasah melibatkan orang tua siswa dan masyarakat dari berbagai kalangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program, serta kegiatan Madrasah
- Madrasah mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum secara sistematis, kreatif, inovatif, dan efektif
- Madrasah menerapkan pengelolaan GTK secara efektif, efisien dan akuntabel pada kegiatan rekrutmen, seleksi, penugasan, pengembangan kompetensi, penilaian kinerja, kompensasi, dan penghargaan/sanksi
- Madrasah melaksanakan pengelolaan Sarpras dengan baik untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas
- Madrasah mengelola anggaran pendapatan dan belanja secara transparan dan akuntabel sesuai perencanaan
- Madrasah menyelenggarakan pembinaan kegiatan kesiswa-an untuk mengembangkan minat dan bakat siswa
- Madrasah memberikan layanan BK siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, pendidikan lanjut dan karier untuk mendukung pencapaian dan pengembangan prestasi
- Madrasah melaksanakan Penjaminan Mutu Internal Madrasah setiap tahun terkait pencapaian SNP, yang meliputi kegiatan pelaksanaan EDM dan penyusunan RKAM yang merujuk pada rapor mutu