
Dumai, 8 Agustus 2025 – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MAN 1 Kota Dumai untuk semester ganjil tahun pelajaran 2025/2026 resmi dimulai pada Jumat, 8 Agustus 2025. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah koordinasi, diskusi, dan peningkatan profesionalisme guru di lingkungan MAN 1 Kota Dumai.
Pembukaan MGMP berlangsung di ruang pertemuan madrasah dengan dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala MAN 1 Kota Dumai, Agustian, S. Pd.I, seluruh guru mata pelajaran, serta pengurus MGMP. Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Kota Dumai menyampaikan bahwa MGMP memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan kompetensi guru agar selaras dengan perkembangan kurikulum, teknologi, dan kebutuhan peserta didik.
“Melalui MGMP, guru dapat saling bertukar pengalaman, merancang strategi pembelajaran yang inovatif, serta memastikan proses belajar mengajar berjalan efektif dan menyenangkan. Harapan kami, semester ini MGMP mampu melahirkan ide-ide segar demi kemajuan madrasah,” ujarnya.
Pada pertemuan awal ini, masing-masing MGMP mata pelajaran membahas agenda semester, termasuk perencanaan program, pembagian tugas, penyusunan perangkat pembelajaran, dan evaluasi metode mengajar. Selain itu, dibahas pula pemanfaatan teknologi pendidikan dan penguatan literasi digital untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.
Selanjutnya ketua umum MGMP MAN 1 Kota Dumai Yayuk Wahyuningsih, S. Pd.I menegaskan “MGMP bukan hanya ajang berbagi materi, tetapi juga forum untuk mencari solusi bersama demi peningkatan mutu pendidikan di MAN 1 Kota Dumai,” ujarnya.
Kegiatan MGMP semester ganjil ini akan berlangsung secara terjadwal 2 minggu sekali setiap bulannya, dengan fokus pembahasan pada penyusunan perangkat pembelajaran, pemanfaatan media digital dalam proses mengajar, serta inovasi strategi pembelajaran berbasis proyek dan literasi.
Dengan dimulainya MGMP semester ganjil ini, diharapkan para guru MAN 1 Kota Dumai semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas diri, memberikan pelayanan pendidikan terbaik, dan menciptakan suasana belajar yang kondusif serta berdaya saing tinggi, serta seluruh guru dapat mengoptimalkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar lebih efektif, kreatif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era pendidikan abad 21. (z)